Home » » 11 Tipe Dosen Pengajar Yang Wajib Mahasiswa Tahu

11 Tipe Dosen Pengajar Yang Wajib Mahasiswa Tahu

contoh iklan

11 Tipe Dosen Pengajar Yang Wajib Mahasiswa Tahu – Untuk menjadi mahasiswa yang berprestasi atau minimal tidak pernah mendapat nilai D dan E selain harus rajin masuk kuliah serta rajin belajar juga harus memahami tipe dosen pengajarnya. Dengan mengetahui tipe dosen pengajar akan lebih mudah bagi mahasiswa dalam menyesuaikan diri pada saat proses belajar-mengajar berlangsung sehingga mendapat penilaian baik darinya.

11 Tipe Dosen Pengajar Yang Wajib Mahasiswa Tahu

Dalam proses belajar-mengajar di kampus, dosen pengajar memiliki hak untuk memberikan penilaian kepada mahasiswa dengan kriteria-kriteria tertentu yang sesuai dengan tipenya. Ada dosen yang ketat dalam menilai mahasiswa berdasarkan kehadiran, keaktifan dan kemampuan menyerap ilmu yang diajarkan.

Namun, ada juga dosen pengajar yang tidak menghiraukan kehadiran mahasiswa dan memberikan nilai dengan royal, ada juga dosen pengajar yang genit, pilih kasih dan lain-lain.

Sehingga sangat penting bagi mahasiswa untuk memperhatikan dan memahami memiliki tipe yang mana dosen pengajarnya dengan cara mencari informasi dari berbagai sumber yang ada di kampus seperti kakak kelas, staf kampus dan lain-lain.

Berikut ini adalah 11 tipe Dosen Pengajar Yang Wajib Mahasiswa Tahu versi tulis-spot.

1.    Tipe Perfeksionis

Dosen pengajar dengan tipe perfeksionis seperti ini menuntut kesempurnaan dari mahasiswanya, mulai dari penampilan, perilaku di kelas, tugas dan kuis yang diberikan. Kekurangan sedikit saja akan berpengaruh pada nilai yang diberikan sehingga jarang mahasiswa yang mendapat nilai A.

Biasanya dosen pengajar tipe perfeksionis seperti ini adalah dosen senior yang memiliki banyak gelar dan segala macam bentuk penelitian dan riset adalah ‘makanannya’. Bahkan memiliki banyak pengalaman baik secara teori maupun praktis.

Walaupun demikian dosen pengajar seperti ini sangat mengharapkan hasil yang terbaik untuk setiap mahasiswa bimbingannya dibanding hanya sekedar lulus saja. Meskipun pelit dalam memberikan nilai tapi ilmu yang diajarkan  pada mahasiswa memiliki kualitas tinggi sehingga sayang kalau diabaikan.

2.    Tipe Gaul

Dosen pengajar dengan tipe gaul ini adalah dosen yang popular, enak dalam komunikasi dan mudah bergaul dengan mahasiswa. Dosen tipe gaul ini dekat dengan mahasiswanya dan biasanya longgar dalam aturan dan royal dalam memberikan nilai.

Dosen tipe ini selalu diharapkan oleh setiap mahasiswa tingkat akhir untuk menjadi pembimbingnya saat penyusunan skripsi. Metode santai dan fleksibel dalam setiap progres penyusunan skripsi akan membuat proses penyusunan skripsi menjadi lebih mudah.

3.    Tipe Killer

Selanjutnya adalah dosen pengajar tipe killer atau galak, adalah dosen pengajar dengan tampang dingin, sinis, mudah tersinggung, mudah marah dan meledak-ledak. Namun jika mahasiswanya mau menurut dan mengikuti saran-sarannya maka beliau tidak segan memberikan nilai bagus.

Bagi sebagian mahasiswa, tipe killer adalah dosen pengajar  yang ditakuti kalau perlu dihindari untuk dijadikan pembimbing oleh mahasiswa yang mengerjakan skripsi. Karena dosen pembimbing yang seperti ini cenderung mudah emosi, terlebih pada mahasiswa bimbingannya yang malas, progres yang lambat dan tidak serius dalam menyusun skripsinya.

Padahal, meskipun suka marah-marah dan  susah memberikan ACC saat bimbingan, dosen killer ini akan membela mahasiswanya mati-matian saat sidang akhir melawan dosen penguji.

4.    Tipe Kejar Target

Ini adalah tipe dosen pengajar yang memiliki prosentase disukai mahasiswa 50:50, 50% mahasiswa suka dan 50% berikutnya tidak suka. Karena biasanya dosen pengajar tipe ini lebih suka memberikan tugas dan memberikan target penyelesaiannya.

5.    Tipe Cuek

Secara halusnya dosen pengajar seperti ini akan memberikan kebebasan pada mahasiswa dalam proses belajar-mengajar. Jumlah kehadiran tidak dihiraukannya, mau hadir boleh mau tidak hadir diabaikan saja, asalkan pada saatu kuis atau ujian bisa menjawab soal-soal yang diberikan.

6.    Tipe PHP

Dosen pengajar tipe PHP (Pemberi Harapan Palsu)  ini adalah dosen pengajar yang susah ditemui meskipun sudah ditetapkan jadwal mengajarnya dan jika berjanji jarang menepati. Datangnya sering terlambat lalu memberikan materi yang sudah disiapkan kemudian pergi lagi. Tapi biasanya dosen seperti ini royal dalam memberikan nilai.

Sebaiknya dosen pengajar tipe PHP ini jangan dijadikan pembimbing saat mengerjakan skripsi.  Biasanya dosen tipe ini adalah dosen yang memiliki profesi sampingan selain dosen, jadi kesibukkan yang berlipat dibanding dengan dosen lain yang hanya mengajar.


7.    Tipe Pilih Kasih

Tipe dosen pengajar ini memiliki semacam tolak ukur untuk meng-klasifikasi-kan mahasiswa favoritnya. Alasannya bisa macem-macem mulai dari penampilan, etika, atau nilai.

Dosen pengajar tipe ini tidak disukai mahasiswa atau diharapkan mahasiswa jika mahasiswa yang bersangkutan tidak masuk kategori favorit si dosen. Sebaliknya, si mahasiswa akan disenangi dan sangat welcome jika yang bersangkutan masuk dalam kategori favorit si dosen tipe ini.

8.    Tipe Plin-plan

Yang satu ini banyak membuat mahasiswa bimbingan dibuat ngelus dada. Dan biasanya dosen pembimbing tipe ini adalah dosen yang sudah tua dan super senior dikalangan dosen.

Kamu bisa dibuat kalang kabut nggak karuan karena kemarin si dosen bilang A, eh besoknya si dosen nganjurin untuk ngerjain B. Atau memberikan Kemungkinan besar yang akan membuat progres penyusunan skripsi kamu berjalan lambat dan tersendat-sendat.

9.    Tipe Kooperatif

Ini adalah tipe dosen yang adil. Tidak membeda-bedakan mahasiswa bimbingannya, beliau selalu membantu mengarahkan dalam penyusunan skripsi dengan baik. Dan mengharapkan para mahasiswa bimbingannya mendapatkan hasil yang terbaik.

10.    Tipe Genit

Biasa didapati pada dosen muda dan masih single atau seorang duda atau janda. Tidak cuma dosen pembimbing pria tapi dosen pembimbing wanita juga ada. Tipe dosen yang akan sangat welcome dan kooperatif jika mahasiswa atau mahasiswi bimbingannya memiliki rupa yang menawan.

Tapi akan sebaliknya jika mahasiswa atau mahasiswinya bukan yang disukai. Hampir mirip-mirip sama tipe dosen yang pilih kasih.

11.    Tipe Preman

Tipe Preman biasanya adalah dosen pengajar yang memiliki keahlian bela diri dan dulunya adalah mahasiswa yang nakal juga atau bekas preman. Seperti dosen pengajar lainnya yang mengikuti aturan yang diterapkan kampus namun saat ada mahasiswa  yang berperilaku tidak menyenangkan maka watak premannya akan muncul lalu mengajak mahasiswa berkelahi.

Tidak jarang dosen pengajar tipe  preman ini memalak mahasiswa untuk sekedar membelikan rokok, mentraktir makan siang, mengajak taruhan dan lain-lain. Tapi keberadaan dosen pengajar tipe preman ini sangat jarang ditemukan.

Demikian pembahasan tulis-spot tentang 11 Tipe Dosen Pengajar Yang Wajib Mahasiswa Tahu. Dengan pendekatan yang baik dan tepat pada tipe dosen pengajar semoga perjalanan kita sebagai mahasiswa menjadi mudah dan lancar.

Semoga bermanfaat.


contoh iklan

0 komentar:

Posting Komentar