Home » » 7 Hal Terbaik Yang Harus Dilakukan Saat Bimbingan Skripsi

7 Hal Terbaik Yang Harus Dilakukan Saat Bimbingan Skripsi

contoh iklan

7 Hal Terbaik Yang Harus Dilakukan Saat Bimbingan Skripsi – Setelah kita mendapatkan judul skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita dan sudah disetujui, langkah berikutnya adalah melakukan bimbingan skripsi. Tapi sebelumnya, jika kita boleh memilih dosen pembimbing, sebaiknya kita pilih dosen pembimbing yang sudah kita kenal, enak dalam komunikasi dan menguasai topik yang sesuai dengan judul skripsi kita.

7 Hal Terbaik Yang Harus Dilakukan Saat Bimbingan Skripsi


Banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan menyelesaikan skripsinya karena dosen pembimbing yang terlalu sibuk, terlalu perfeksionis, susah ditemui dan galak atau killer. Sehingga sebaiknya kita memilih dosen pembimbing yang tepat agar kita dapat melakukan bimbingan skripsi dengan lancar dan menyelesaikan skripsi dengan cepat.

Namun bagaimana jika dosen pembimbing sudah ditentukan dan kebetulan tidak sesuai dengan kriteria kita?

Jika demikian, kita sebagai mahasiswa harus mempersiapkan mental dengan baik, lebih banyak mengalah, menekan ego kita dan menuruti apa yang disuruh dan disarankan dosen pembimbing tersebut.

Karena Bimbingan skripsi merupakan sarana bagi mahasiswa untuk mendapatkan arahan, bantuan, saran, dan koreksi atas skripsi yang sedang kita kerjakan. Kita berharap dengan mendapatkan dosen pembimbing yang tepat akan memperlancar jalan dalam menyelesaikan skripsi namun jika tidak sebaiknya kita mengetahui beberapa hal yang harus kita lakukan saat bimbingan skripsi.

Kunjungi Juga : www.ayodolenrek.com

Berikut ini adalah 7 hal terbaik yang harus kita lakukan saat bimbingan skripsi.

1. Ketika Revisi Menumpuk

Hal pertama yang akan kita hadapi saat melakukan bimbingan skripsi adalah revisi atau perbaikan naskah skripsi yang kita ajukan. Biasanya tentang kesalahan penulisan, jumlah spasi, huruf miring untuk penulisan bahasa aing dan hubungan antar paragraph. Dan ada pula dosen pembimbing yang dengan sekilas melihat naskah skripsi kita langsung melakukan coretan disana-sini bahkan satu halaman penuh disilang. Padahal kita sudah berusaha menghemat biaya print out.

Apa yang harus kita lakukan?

Sebaiknya kita segera melakukan perbaikan terhadap revisi yang kita terima sebab jika kita menundanya maka semakin lama jumlah revisi yang harus diperbaiki akan semakin menumpuk sehingga karena saking banyaknya menjadikan kita malas memperbaikinya.

Dan, apa akibatnya?

Jalan menuju kelulusan dan mendapatkan gelar sarjana akan terhambat padahal kita sudah bersusah payah untuk mendapatkan judul skripsi yang sesuai dengan minat dan kemampuan kita.

2. Ketika Dosen Pembimbing Tidak Tepat Janji

Permasalahan berikutnya adalah dosen pembimbing yang tidak bisa menepati janjinya. Seperti saat kita sudah membuat janji temu untuk melakukan bimbingan skripsi, janji sudah disepakati namun tiba-tiba dosen pembimbing membatalkannya dengan berbagai alasan. 

7 Hal Terbaik Yang Harus Dilakukan Saat Bimbingan Skripsi


Atau, saat dosen pembimbing menyuruh untuk meletakkan naskah skripsi kita di mejanya dan menyuruh mengambil hasilnya keesokan hari. Namun, saat esok hari kita mengambil naskah skripsi tersebut ternyata belum dikoreksi dan dosen pembimbing menundanya sampai beberapa hari.

Memang mengesalkan, tapi apa sebaiknya yang harus kita lakukan?

Sebaiknya kita menanyakan kepada dosen pembimbing tentang waktu-waktu dimana beliau bisa ditemui untuk melakukan bimbingan, apakah bisa melakukan bimbingan skripsi dirumahnya atau bisahkah mengganggu saat beliau mengajar untuk melakukan bimbingan skripsi.

Jika dosen pembimbing tidak mau memberi jawaban anda jangan berhenti. Kejar terus, kalau perlu tungguin saat beliau mengajar, lama kelamaan beliau akan luluh melihat kesungguhan kita lalu memberikan waktu khusus untuk bimbingan skripsi kita.

3. Ketika Dosen Pembimbing Galak

Permasalahan lainnya saat melakukan bimbingan skripsi adalah menghadapi dosen pembimbing yang galak atau killer. Mungkin sebagian dari kita sudah pernah meraskan, gara –gara kurang sopan atau berpakain kurang pantas kita diusir sebelum memulai bimbingan skripsi. Atau karena  tidak bisa menjelaskan apa yang kita tulis, naskah bimbingan skripsi kita dilempar dengan kasar dihadapan kita.

Sakitnya tuh disini banget! Tapi apa sebaiknya yang harus kita lakukan?

Pertama, kita sebaiknya memahami mengapa beliau bersikap galak. Dosen Killer atau dosen tegas memang berbeda tipis tapi mungkin beliau mempunyai maksud baik untuk menjadikan mahasiswa bimbingannya menjadi pribadi yang sopan santun, disiplin dan menguasai materi.

Kedua, sebaiknya kita segera merubah sikap, penampilan dan kesiapan kita menguasai materi yang akan kita ajukan ketika melakukan bimbingan skripsi dengannya.

4. Ketika Disuruh Ganti Metode sampai Ganti Judul

Permasalahan berikutnya saat melakukan bimbingan skripsi adalah saat kita disuruh merubah metode atau bahkan merubah judul yang dengan susah payah kita buat. Bimbingan bab 1, bab 2, dan bab 3 udah di ACC dan dianggap tak ada masalah. Tapi saat kita bimbingan bab 4, eh dosen pembimbing  minta bab 3 atau bab 2 atau bab 1-nya dirombak ulang.

Atau kita sudah seminar judul dan sudah disetujui tapi saat melakukan bimbingan bab 4, kita disuruh untuk merubah judul. Bagaimana tidak jatuh semangat kita! Dan, banyak mahasiswa yang berhenti mengerjakan skripsi karena hal ini.

Tapi apa sebaiknya yang harus kita lakukan?

Pada permasalahan ini sebaiknya kita melakukan koreksi terhadap naskah bimbingan bab 4 nya, apakah bab 4 yang kita ajukan sudah sesuai dan ada hubungannya dengan bab-bab sebelumnya. Jika kita tidak menemukan kesalahannya, coba konsultasi dan minta referensi dengan dosen lain atau dosen wali, jika mereka menunjukkan kesalahannya, segera lakukan perbaikan. Tapi, jika mereka mengatakan bab 4 sudah benar, minta referensi mereka lalu lakukan bimbingan skripsi lagi.

5. Ketika Dosen Pembimbing Berubah-ubah

Ada lagi permasalahan lain yang akan kita hadapi saat melakukan bimbingan skripsi yaitu dosen pembimbing sering berubah-ubah pendapat seolah mengajak bermain teka teki. Saat bimbingan hari ini, beliau bilang benar namun saat bimbingan berikutnya, di bagian yang sama dia bilang salah.

Apa sebaiknya yang harus kita lakukan?

Menghadapi dosen pembimbing yang sering berubah-ubah pendapat seperti ini sebaiknya kita membawa bukti bimbingan. Naskah bimbingan sebelumnya kita simpan dan kita beri nomor urut lalu saat melakukan bimbingan skripsi lagi, naskah-naskah tersebut kita bawa dan kita tunjukkan sebagai bahan bukti.  Dengan demikian, beliau mudah-mudahan tidak berubah-ubah pendapat lagi.

6. Ketika Dosen Pembimbing Pertama dan Kedua Berbeda Pendapat

Permasalahan lain saat melakukan bimbingan skripsi adalah ketika dosen pembimbing pertama dan pembimbing kedua berbeda pendapat. Pasti sudah ada yang pernah mengalami permasalahan ini, dosen pembimbing pertama mintanya di bagian latar belakang ditambahkan sesuatu, tapi pembimbing kedua minta di bagian itu tidak usah diberi tambahan sesuatu.

Apa yang sebaiknya kita lakukan?

Jika mengalami hal seperti ini sebaiknya kita minta pendapat dosen wali atau kepala program studi (Kaprodi) sebagai penengahnya sehingga kedua dosen pembimbing tersebut tidak berbeda pendapat lagi.

7. Ketika Dosen Pembimbing Cuek

Ada enaknya ketika melakukan bimbingan skripsi dosen pembimbingnya cuek dan langsung saja ACC tanpa memberikan revisi. Namun resikonya, saat sidang proposal atau sidang akhir beliau lepas tangan dan membiarkan kita sendirian menghadapi dosen penguji. Dan, mahasiswa dihajar habis-habisan!

Apa sebaiknya yang harus kita lakukan?

Mendapat dosen pembimbing cuek seperti ini kita jangan terlena. Sebaiknya kita mempelajari bab demi bab dari naskah skripsi yang kita buat dengan seksama, kalau perlu diskusikan dengan teman atau kakak angkatan. Karena tidak pernah memberikan revisi maka dosen pembimbing cuek ini tidak dapat membela kita saat sidang sehingga kita harus berjuang sendirian.

Itulah, 7 hal terbaik yang harus kita lakukan saat bimbingan skripsi. Pada dasarnya sikap dosen pembimbing seperti tersebut diatas adalah pelampiasan bentuk kasih sayangnya kepada kita sebagai mahasiswa yang diharapkan dapat menjadi sarjana yang ulet, tahan banting dan pantang menyerah.

Semoga bermanfaat.

contoh iklan

0 komentar:

Posting Komentar