Home » » 6 Hal Gila Yang Dilakukan Mahasiswa Saat menghadapi Sidang Akhir

6 Hal Gila Yang Dilakukan Mahasiswa Saat menghadapi Sidang Akhir

contoh iklan

6 Hal Gila Yang Dilakukan Mahasiswa Saat menghadapi Sidang Akhir – Sidang Akhir bagi seorang mahasiswa merupakan saat yang menentukan, saat paling kritis, saat paling menegangkan dalam perjalanannya sebagai seorang mahasiswa. Jika lulus maka karirnya sebagai mahasiswa akan berakhir berganti dengan kehidupan di dunia kerja, namun jika tidak lulus maka gelar mahasiswa masih akan menempel di pundaknya. Sehingga banyak mahasiswa yang melakukan hal-hal gila untuk mengusir ketegangan dalam dirinya saat menghadapi sidang akhir.

6 Hal Gila Yang Dilakukan Mahasiswa Saat menghadapi Sidang Akhir

Bagi seorang mahasiswa semester akhir, Sidang Akhir skripsi menjadi momok yang menakutkan . setelah perjuangannya mencari judul skripsi, mengumpulkan data, mempelajari teori dan mengolahnya, melakukan bimbingan skripsi dengan segala permasalahannya, kini sampailah kita di tahap terakhir perjuangan sebelum resmi menyandang gelar sarjana.

Saat-saat menghadapi sidang akhir skripsi bagi sebagian mahasiswa, masih belum sidangnya, membuat mahasiswa resah dan gelisah, tegang, khawatir dan berbagai perasaaan campur aduk dalam dirinya sehingga membuat mereka melakukan hal-hal yang dianggap gila atau diluar kebiasaan.

Berikut ini adalah 6 Hal Gila Yang Dilakukan Mahasiswa Saat menghadapi Sidang Akhir, yang sering dilakukan mahasiswa saat menjelang hari penentuan yaitu sidang akhir skripsi.

1.    Kalang kabut belajar

Kebiasaan sebagian besar mahasiswa adalah belajar saat sudah mendekati ujian atau dikenal dengan ‘sistem kebut semalam’. Saat menghadapi ujian mata kuliah saja mereka akan semalaman sibuk belajar maka dapat dibayangkan bagaimana sibuknya mereka belajar saat menghadapi sidang akhir.
6 Hal Gila Yang Dilakukan Mahasiswa Saat menghadapi Sidang Akhir

Naskah skripsi dipelototin dan dibolak-balik, belum merasa puas lalu mengambil buku referensi, dibaca sambil mondar-mandir di dalam kamar. Masih belum cukup juga mengajak teman berdiskusi, capek diskusi lalu istirahat sebentar, minum kopi kemudian kembali kepada naskah skripsi lagi, begitu yang dilakukan secara berulang-ulang.

Gile lu ndro!

Idealnya, mereka sudah belajar jauh-jauh hari sebelumnya sehingga saat menghadapi sidang akhir skripsi, tinggal mengulang-ulang bagian-bagian yang susah dan belum dipahami saja. Namun karena kebiasaan kebut semalam sudah mendarah daging maka anjuran dan nasehat orangtua untuk belajar setiap hari, tidak digubrisnya.

Akhirnya harus kalang kabut semalaman saat menjelang sidang akhirnya.

2.    Tidak Bisa Tidur

Sebagian mahasiswa lainnya yang sudah belajarsebelumnya, saat menjelang menghadapi sidang akhir skripsi, ada yang tidak bisa tidur hanya bolak-balik di tempat tidur. Dalam benaknya terbayang saat-saat sidang akhir, saat dosen penguji menanyakan berbagai hal tentang skripsinya, saat dirinya menjawab  dan membayangkan bagaimana ekspresi wajah dosen killer yang menjadi pengujinya, marah ketika dia tidak bisa menjawab dengan benar.

Gila, tidak?

Hal ini memang wajar dan manusiawi, tapi seharusnya cuekin saja, lebih baik berpedoman pada kalimat ‘apa yang terjadi terjadilah’ sehingga membuat tubuh kita menjadi rileks dan dapat istirahat  dengan tenang. Keesokan harinya tubuh dan pikiran menjadi segar sehingga dapat menghadapi sidang akhir dengan lancar.

3.    Refreshing semalaman

Meskipun sudah belajar  dan merasa sudah menguasi materi, sebagian mahasiswa tetap tidak bisa mengusir ketegangan dalam dirinya saat menghadapi sidang akhir sehingga memilih untuk melakukan refreshing semalaman. Menonton film, karaoke,main game,  jalan-jalan dan aktivitas lain yang bisa mengurangi ketegangannya, kadang sampai lupa waktu sehingga kebingungan esok harinya.

6 Hal Gila Yang Dilakukan Mahasiswa Saat menghadapi Sidang Akhir


4.    Ibadah dan Berdoa

Aktivitas ibadah dan berdoa sangat disarankan kepada mahasiswa saat menjelang hari sidang akhir skripsinya, namun jangan berlebihan. Kalau berdoa semalaman sampai lupa tidur, lupa makan bahkan lupa diri apa tidak gila namanya?

5.    Baik-baik sama ortu

Ada juga mahasiswa yang biasanya cuek sama orang tuanya, tiba-tiba menjadi baik kepada orang tuanya lalu minta doa restu jika esok hari anaknya akan menghadapi sidang akhir skripsi. Hal ini memang wajib dilakukan oleh mahasiswa setiap menghadapai permasalahan apa pun namun sebaiknya, jangan kalo ada masalah saja baik sama orangtua, kalo bisa setiap hari baik-baik sama ortu.

6.    Minta air sama orang pintar

Ini hal gila yang sering juga dilakukan oleh mahasiswa yang kurang percaya diri yaitu minta air atau jompa-jampi kepada orang pintar agar esok saat sidang akhir, dosen pengujinya tidak bertanya macam-macam, biar dosen pengujinya diam saja, biar dirinya terlihat berwibawa sehingga dosen penguji merasa segan  dan berbagai alasan lainnya.

Tidak dapat dipungkiri, di Indonesia, budaya mistik dan perdukunan masih sangat kental.  Tidak memandang apakah orang itu berpendidikan tinggi atau tidak, bahkan seorang Marwah Daud Ibrahim, seorang intelektual, tokoh masyarakat dan anggota DPR RI, masih terkesima oleh kehebatan Taat Pribadi yang bisa menggandakan uang. Apalagi mahasiswa..


Demikian 6 Hal Gila Yang Dilakukan Mahasiswa Saat menghadapi Sidang Akhir.  Saya menyebutnya gila sesaat karena saya anggap menyimpang dari kebiasaan yang dilakukan sebelumnya. Mahasiswa yang biasanya malas belajar menjadi rajin belajar, mahasiswa yang biasanya malas berdoa jadi rajin berdoa, mahasiswa yang biasanya tidak pergi ke karaoke jadi semalaman menyanyi, dan lain-lain, apa tidak gila?

Sumber tulisan ini saya ambil dari teman-teman mahasiswa yang berada di kota Balikpapan yang sering mengajak saya untuk melakukan hal-hal gila tersebut. Kalau anda tidak setuju dengan beberapa hal dalam tulsan ini, silahkan isi komentar dibawah ini.


contoh iklan

0 komentar:

Posting Komentar