Home » » 7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia

7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia

contoh iklan

7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia- Wanita adalah mahluk lemah lembut yang terbiasa berada di belakang layar kehidupan lelaki yang menjadi pendampingnya. Namun, jangan pernah meremehkan wanita dan menganggap wanita adalah makhluk yang lemah, mudah dikalahkan dan cenderung tidak bisa melindungi diri sendiri.

Konon, dalam pewayangan, ada tokoh wanita yang menjadi prajurit yang tangguh dan senopati perang bahkan satu-satunya tokoh yang bisa mengalahkan Resi Bisma, senopati perang Kurawa yang maha sakti. Tokoh wanita itu bernama Srikandi.
7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia
Kisah Srikandi menjadi inspirasi bagi wanita-wanita Indonesia sehingga menciptakan sosok wanita-wanita tangguh dalam menghadapi kerasnya kehidupan dan kejamnya perjuangan melawan penjajah.

Berikut ini adalah Sosok Srikandi  atau Sosok Wanita tangguh yang turut mewarnai sejarah bangsa Indonesia.

1. Martha Christina Tiahahu

Tidak ada yang menyangka jika gadis cantik berumur 17 tahun ini berjuang mati-matian melawan penjajah. Marta Christina Tiahahu memiliki semangat yang sangat tinggi dalam memerdekakan Indonesia, terutama masyarakat Pulau Nusalaut. Marta Christina Tiahahu berjuang di garis depan dan tidak takut menghadapi kekejaman Belanda..

7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia
Meski dengan semangat yang berapi-api, Belanda masih memenangkan perang. Marta Christina Tiahahu, ditangkap dan dihukum tembak. Lalu jasadnya dibuang ke Laut Banda. Berkat kegigihan ini, Karena jasa-jasanya, Marta Christina Tiahahu diangkat menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.

2. Raden Ajeng Kartini

Hal yang paling terkenal dari R.A Kartini adalah perjuangannya dalam menuntut hak-hak perempuan. R.A Kartini menginginkan semua wanita mendapatkan pendidikan yang layak. Tidak hanya di rumah untuk diam dan dipingit. Tapi juga mendapatkan pendidikan agar pintar dan sederajat dengan pria.

7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia

Kartini adalah sosok figur yang lembut dan bersahaja. Dengan wajahnya yang cantik, beliau berusaha memperjuangkan wanita di tengah tekanan dari pihak luar. Berkat aksinya ini, banyak putri bangsawan di luar sana yang mengikuti jejaknya. Kartini menikah dengan Bupati Rembang yang mendukungnya membangun sekolah khusus wanita. Namun apa yang dilakukan Kartini tidak berlangsung lama, karena dia harus meninggal di usia yang sangat muda, yaitu 25 tahun.

3. Cut Nyak Dien

Salah satu pejuang wanita paling tangguh dan berkharisma adalah Cut Nyak Dien. Awalnya beliau hanya ikut berperang dengan suaminya, tidak langsung menghadapi Belanda di barisan depan. Namun setelah suaminya yang bernama Ibrahim Lamnga meninggal, Cut Nyak Dien bersumpah akan menghabisi semua orang Belanda yang tersisa.

7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia

Berkat kecantikan dan kegigihan beliau, Teuku Umar yang juga Pahlawan Nasional melamarnya. Awalnya Cut Nyak Dien menolak, tapi akhirnya tunangan itu diterima. Alasan beliau menerima adalah karena Cut Nyak Dien diizinkan berjuang lagi melawan Belanda yang membuatnya sangat dendam. Perjuangan Cut Nyak Dien terus berjalan hingga dia tua dan meninggal di Sumedang.

4. Cut Nyak Mutia

Cut Nyak Mutia memiliki nasib yang hampir sama dengan Cut Nyak Dien. Beliau menikah dengan suami seorang pejuang yang membuatnya ikut membela tanah air. Namun suaminya meninggal dan akhirnya menikah dengan pejuang pria lain. Cut Nyak Mutia meski berparas cantik, kemampuan berjuangnya bisa disetarakan dengan kaum pria.
7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia
Setelah suami keduanya meninggal akibat perang melawan Belanda. Cut Nyak Mutia kembali bangkit dari keterpurukannya. Dia mengumpulkan sisa-sisa pasukan yang tersisa dan menyerang Belanda lagi. Namun saat perjuangan ini, beliau gugur.

5. Fatmawati

Salah satu tokoh pahlawan wanita paling terkenal adalah Fatmawati. Istri ke-3 dari Presiden pertama kita ini juga merupakan seorang yang hebat. Berkat tangan beliau, Indonesia bisa melakukan proklamasi dengan selembar bendera pusaka “Sang Saka Merah Putih”.

7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia
Fatmawati adalah seorang figur yang cantik, dan tegas. Beliau sangat tangguh menjadi ibu negara pertama di negara kita ini. Selain itu, melalui tangan dinginnya lahir tokoh besar seperti Guruh Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, dan Rachmawati Soekarnoputri. Pada tahun 1980 beliau meninggal dunia saat perjalanan pulang dari umroh dan dimakamkan di Jakarta.

6. Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih

Raden Ajeng Kustiyah Wulaningsih atau yang sering kita kenal dengan Nyi Ageng Serang. Beliau adalah anak dari penguasa wilayah kecil dari Kerajaan Mataram, Pangeran Natapraja. Selain itu, beliau juga masih memiliki darah keturunan dari Sunan Kalijaga.
7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia

Nyi Ageng Serang menang tidak seterkenal R.A Kartini. Namun beliau dengan gagah berani maju di medan perang. Bahkan menaiki kuda dan membawa tombak. Paras cantik beliau adalah simbol kekuatan perempuan masa itu yang tiada batas.

7. Megawati Soekarno Putri

Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri atau umumnya lebih dikenal sebagai Megawati Soekarnoputri atau biasa disapa dengan panggilan "Mbak Mega" (lahir di Yogyakarta, 23 Januari 1947; umur 69 tahun) adalah sosok wanita tangguh yang pernah menjadi Presiden Indonesia yang kelima yang menjabat sejak 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

7 Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia
Mungkin satu-satunya wanita yang bisa mencapai prestasi tertinggi di Negara Indonesia, Disamping itu, Megawati juga merupakan ketua umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sejak memisahkan diri dari Partai Demokrasi Indonesia pada tahun 1999.

Meskipun sudah tidak menjabat sebagai Presiden, namun peranan Megawati di panggung politik Indonesia sangat berpengaruh, terbukti beliau mampu mengantarkan Joko Widodo sebagai presiden Republik Indonesia yang ketujuh.

Demikian ulasan tentang 7 Sosok Wanita Tangguh Dalam Sejarah Bangsa Indonesia, saat ini sudah muncul lebih banyak lagi wanita-wanita tangguh dalam berbagai bidang kehidupan dan akan terus bertambah lagi.

Semoga..

contoh iklan

0 komentar:

Posting Komentar